cover buku

Visualisasi Iklan Indonesia Era 1950-1957 Edisi 2

Didit Widiatmoko Soewardikoen
12.96 MB
164
Halaman
ebook
eBook

Deskripsi

Penerbit
Calpulis
Kategori
Sosial
Sub Kategori
Komunikasi
Tahun Terbit
2015
ISBN
978-602-73097-0-8
eISBN
-

Sinopsis

Identitas Indonesia dalam iklan sering dibicarakan dalam forum periklanan, dalam rangka mencari rumusan visualisasi dengan ciri budaya lokal Indonesia. Setelah proklamasi kemerdekaan tahun 1945, penyerahan kedaulatan oleh pemerintah Belanda baru berlangsung pada tanggal 27 Desember 1949, sehingga tahun 1950an merupakan tahun-tahun peralihan terbesar dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Rasa berkebangsaan yang tertinggi terjadi pada tahun-tahun awal kemerdekaan. Karya-karya visual, termasuk iklan terbentuk karena lingkungan yang mempengaruhinya. Visualisasi terjadi karena pengaruh peristiwa, tokoh, kondisi sosial dan sistem nilai yang berlaku pada jamannya. Pola visualisasi dirancang untuk mempersuasi dan membentuk konsep diri pemirsa.

Buku ini akan membawa pembaca menelusuri tahun-tahun ketika Indonesia baru saja merdeka dan perekonomian yang baru bangkit dari dampak perang. Penelusuran pada peristiwa, tokoh, kondisi sosial dan budaya populer yang terjadi pada awal kemerdekaan Indonesia, untuk memahami visualisasi iklan. Identitas Indonesia bukanlah sesuatu yang bersifat tunggal, karena terbentuk dari berbagai aliran dengan berbagai konsep pemikiran yang saling berinteraksi.

Baca Selengkapnya

Untuk membaca unduh dan buka aplikasi di bawah ini:

cover buku

Visualisasi Iklan Indonesia Era 1950-1957 Edisi 2

Didit Widiatmoko Soewardikoen
Preview