cover buku

Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) Ed. Revisi

Jasa Ungguh Muliawan
7.93 MB
248
Halaman
ebook
eBook

Deskripsi

Penerbit
Gava Media
Kategori
Pendidikan
Sub Kategori
Pendidikan
Tahun Terbit
2018
ISBN
978-602-5568-04-6
eISBN
-

Sinopsis

Menurut sebagian ahli pendidikan, penelitian tindakan kelas (PTK) adalah penelitian yang tidak menguji teori atau hipotesis tetapi menerapkan teknik, strategi, atau metode hasil penelitian yang sudah teruji pada konteks riil. Penelitian tindakan kelas bertujuan memperbaiki atau memecahkan masalah pembelajaran dengan cara melakukan perubahan dan peningkatan kualitas belajar mengajar. Dari sudut pandang ini, bagi sebagian orang penelitian tindakan kelas tidak masuk dalam kategori penelitian eksperimen, diskriptif maupun penelitian pengembangan. Dalam kasus ini, penulis berbeda pendapat dengan mereka. PTK memang merupakan ujung tombak tindakan uji coba suatu hipotesa dalam dataran riil. Artinya tidak ada lagi usaha untuk menguji hipotesa itu sendiri. Hipotesa yang ada dianggap sebagai hasil akhir penelitian yang sudah teruji, tinggal menerapkannya saja. Tetapi itu hanya batasan kecil dari pengertian PTK yang sesungguhnya. PTK dari segi bahasa maupun subtansinya tidak seperti itu. PTK mempunyai cakupan metodologi penelitian yang cukup luas. Ia mencakup penelitian; - diskriptif, historis, kasuistik, eksperimen, bahkan pengembangan. Hanya saja cakupannya terbatas dalam ruang kelas. Argumen pertama yang diajukan adalah: jika suatu hipotesa perlakuan itu sudah dianggap final dan teruji, kenapa mesti dilakukan penelitian ulang dalam bentuk PTK ? Bukankah tinggal menerapkannya saja ? Bentuk akhirnya adalah Laporan Tindakan Kelas (LTK) bukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Konsep “laporan” dengan “penelitian” beda. Argumen kedua. Substansi penelitian tindakan kelas (PTK) adalah penelitian yang dilakukan dalam cakupan kecil, yaitu proses belajar mengajar di kelas. Batasan PTK adalah istilah “kelas” bukan substansi penelitiannya. Substansi penelitiannya tetap meluas mencakup konsep diskriptif, historis, kasuistik, ekperimen, bahkan pengembangan. Hanya saja dibatasi dalam ruang lingkup tempat yang disebut “kelas”. Argumen ketiga. Konsep “penelitian tindakan” dalam istilah PTK bukan berarti tinggal menerapkan teori yang ada dalam bentuk konkrit, tetapi “meneliti tindakan yang “akan” atau “sudah” dilakukan objek”. Objeknya bisa 'siapa' saja atau 'apa' saja; - bisa siswa yang bermasalah, hipotesa yang diragukan kebenaranya, bahkan gambaran riil apa yang 'akan' dilakukan siswa sehubungan dengan 'akan' diterapkannya suatu metode belajar-mengajar yang baru (gabungan dari metode historis, diskriptif dan pengembangan). Buku PTK yang Anda baca ini sangat berbeda dengan buku PTK yang beredar pada umumnya. PTK edisi pertama bersifat dasar dan umum, namun pada edisi revisi ini pendalaman isi materi buku dipertajam dan diperluas sampai pada dataran konkrit di lapangan. Teori dasarnya sederhana, namun tingkat akurasinya sangat tinggi ketika diterapkan dalam bentuk praktek. Selamat membaca, semoga bermanfaat !

Baca Selengkapnya

Untuk membaca unduh dan buka aplikasi di bawah ini:

cover buku

Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) Ed. Revisi

Jasa Ungguh Muliawan
Preview