cover buku

Manajemen Pelayanan dan Pengembangan Organisasi Publik

Dr. Hardiyansyah, M.Si
5.85 MB
182
Halaman
ebook
eBook

Deskripsi

Penerbit
Gava Media
Kategori
Sosial
Sub Kategori
Sosial Politik
Tahun Terbit
2017
ISBN
978-602-6948-70-0
eISBN
-

Sinopsis

Lahirnya UU No. 25/2009 tentang Pelayanan Publik merupakan langkah dan harapan besar akan terwujudnya pelayanan publik yang berkualitas. Pelayanan yang berkualitas tentu saja pelayanan yang dapat memberikan kepuasan semua pihak, mulai dari penyelenggara pelayanan itu sendiri hingga kepada masyarakat yang dilayani. Substansi undang-undang tersebut telah mengarah kepada bentuk perwujudan kualitas pelayanan yang diinginkan oleh semua pihak (stakeholder). Namun demikian, yang sering terjadi permasalahan bukan pada regulasi tersebut, tetapi masalah terkadang muncul dari sisi implementasinya. Kualitas pelayanan publik menjadi barometer keberhasilan implementasi kebijakan otonomi daerah. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah memberikan dampak yang sangat luas dalam berbagai bidang kehidupan, termasuk pada pengelolaan pemerintahan dan pelayanan publik. Teknologi informasi dan komunikasi pada bidang pemerintahan, dikenal dengan istilah electronic government atau e-government. Sejak diberlakukannya kebijakan otonomi daerah, isu tentang pelayanan publik selalu menarik untuk dikaji dan dibahas, karena pelayanan publik menjadi salah satu barometer keberhasilan pelaksanaan otonomi daerah. Berbagai kajian dan hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan publik dipengaruhi oleh banyak faktor, variabel, dimensi dan indikator. Berbagai faktor tersebut adalah: (1) Motivasi kerja birokrasi dan aparatur; (2) Kemampuan aparatur; (3) Pengawasan/kontrol sosial; (4) Perilaku birokrasi/aparatur; (5) Komunikasi, disposisi dan struktur birokrasi serta iklim komunikasi organisasi dan aliran informasi; dan (6) Restrukturisasi organisasi. Struktur organisasi Pemerintah Daerah selama ini masih terlalu besar, sehingga aktivitas pelayanan publik belum efektif dan efisien. Untuk itu, perlu menata kembali struktur organisasi pemerintahan yang lebih ramping sehingga pelayahanan diharapkan dapat lebih mudah, cepat, dan murah, dengan demikian diharapkan kesejahteraan akan lebih baik. Buku ini sangat bagus untuk dijadikan sebagai referensi bagi para peneliti di bidang administrasi publik, manajemen publik, pelayanan publik dan lain-lain, serta menjadi rujukan dalam penulisan tugas akhir mahasiswa S1, S2, dan S3 atau sebagai bahan pengambilan kebijakan bagi para pejabat eksekutif dan legislatif.

Baca Selengkapnya

Untuk membaca unduh dan buka aplikasi di bawah ini:

cover buku

Manajemen Pelayanan dan Pengembangan Organisasi Publik

Dr. Hardiyansyah, M.Si
Preview