cover buku

Pengantar Ekonomi Mikro

Yulius Eka Agung Seputra, S.T., M.Si.; Drs. Joko Sutrisno, M.M.
5.19 MB
206
Halaman
ebook
eBook

Deskripsi

Penerbit
Ekuilibria
Kategori
Ekonomi
Sub Kategori
Ekonomi
Tahun Terbit
2016
ISBN
978-602-73096-9-2
eISBN
-

Sinopsis

"

Buku ini secara ringkas menjelaskan tentang perilaku individu dan masyarakat dalam menentukan pilihan untuk menggunakan sumber daya yang langka, dalam upaya meningkatkan kualitas hidup. Dalam ilmu ekonomi, banyak hal yang kita temui seperti kelangkaan, kuantitas, kualitas, tempat dan waktu, pilihan dan biaya kesempatan. Ruang lingkup ilmu ekonomi terdiri dari tingkat individu, perusahaan dan industri. Ada tiga aspek penting yang dianalisis ekonomi mikro, yakni interaksi di pasar barang, tingkah laku pembeli dan penjual, dan interaksi di pasar faktor produksi.

Mekanisme pasar terdiri dari permintaan dan penawaran. Permintaan merupakan keinginan konsumen membeli suatu barang pada berbagai tingkat harga selama periode waktu tertentu. Faktor-faktor yang mempengaruhinya antara lain harga barang itu sendiri, harga barang lain yang terkait, tingkat pendapatan perkapita, dan selera. Penawaran adalah jumlah barang yang ditawarkan (dijual) produsen pada berbagai tingkat harga selama satu periode tertentu. Faktor-faktor yang mempengaruhinya antara lain harga faktor produksi, harga barang itu sendiri, biaya produksi, teknologi produksi dan kebijakan pemerintah."

Buku ini secara ringkas menjelaskan tentang perilaku individu dan masyarakat dalam menentukan pilihan untuk menggunakan sumber daya yang langka, dalam upaya meningkatkan kualitas hidup. Dalam ilmu ekonomi, banyak hal yang kita temui seperti kelangkaan, kuantitas, kualitas, tempat dan waktu, pilihan dan biaya kesempatan. Ruang lingkup ilmu ekonomi terdiri dari tingkat individu, perusahaan dan industri. Ada tiga aspek penting yang dianalisis ekonomi mikro, yakni interaksi di pasar barang, tingkah laku pembeli dan penjual, dan interaksi di pasar faktor produksi.

Mekanisme pasar terdiri dari permintaan dan penawaran. Permintaan merupakan keinginan konsumen membeli suatu barang pada berbagai tingkat harga selama periode waktu tertentu. Faktor-faktor yang mempengaruhinya antara lain harga barang itu sendiri, harga barang lain yang terkait, tingkat pendapatan perkapita, dan selera. Penawaran adalah jumlah barang yang ditawarkan (dijual) produsen pada berbagai tingkat harga selama satu periode tertentu. Faktor-faktor yang mempengaruhinya antara lain harga faktor produksi, harga barang itu sendiri, biaya produksi, teknologi produksi dan kebijakan pemerintah.

Baca Selengkapnya

Untuk membaca unduh dan buka aplikasi di bawah ini:

cover buku

Pengantar Ekonomi Mikro

Yulius Eka Agung Seputra, S.T., M.Si.; Drs. Joko Sutrisno, M.M.
Preview