Masalah klasik yang selalu menjadi kendala utama usaha kecil dan menengah (UKM) di Indonesia adalah keterbatasan modal, mismanajemen, kurangnya pengetahuan pembukuan usaha dan penetapan harga produk, kualitas sumber daya manusia, dan kurangnya penguasaan teknologi. Seiring dengan derasnya perubahan kondisi perekonomian dunia, selera pasar, persaingan usaha yang semakin ketat, perubahan kebijakan pemerintah, munculnya pasar bebas dan masyarakat ekonomi Asean (MEA), maupun perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, maka buku ini sangat penting sebagai panduan dalam menciptakan keunggulan bersaing agar UKM tetap eksis dalam persaingan.
Secara garis besar buku ini memuat enam bahasan pokok yang meliputi: dasar-dasar akuntansi dan penentuan harga produk UKM; pengenalan konsep dan motivasi kewirausahaan; strategi pengembangan jaringan usaha dan negosiasi bisnis; perpajakan untuk UKM dan koperasi; strategi ekspor untuk UKM; serta produksi, inovasi, dan diversifikasi produk.